3 Manfaat Cloud bagi System Integrator

neuCentrIX - 08/12/2021 10:00

Di era transformasi digital, peran System Integrator dinilai sangat penting. Dengan keterampilan dan keahlian dalam menggabungkan “siloed system” perusahaan ke dalam satu sistem terkoordinasi dengan database dan sumber data yang ada, mereka membantu operasional perusahaan berjalan lebih efektif dan efisien. Dengan begitu, perusahaan bisa mendapatkan lebih banyak pendapatan.

Namun, saat ini ada banyak aspek dalam pekerjaan System Integrator yang berbeda dari sebelumnya. Perubahan yang tak terhindarkan ini dipicu oleh berbagai kemajuan teknologi yang mengubah cara hidup, termasuk kemunculan cloud computing. Terlepas dari berbagai asumsi bahwa peran System Integrator akan tergantikan, cloud computing mungkin justru melakukan hal yang sebaliknya. Faktanya, cloud telah menciptakan peluang bagi System Integrator untuk menawarkan solusi yang berorientasi pada layanan kepada klien mereka sebagai model bisnis baru. Berdasarkan pemikiran ini, banyak System Integrator setuju bahwa memanfaatkan cloud dapat menambah nilai lebih pada bisnis.

Mari pelajari lebih dalam dan ketahui tiga manfaat yang dapat ditawarkan cloud kepada System Integrator.

Kenyamanan dan Efisiensi
Cloud menawarkan kemampuan untuk melakukan tugas pemeliharaan dari jarak jauh, mulai dari mengelola pembaruan sistem, melakukan perbaikan, health check, hingga penyesuaian pengaturan, serta mengotomatiskannya. Dengan dukungan cloud, System Integrator akan dapat mengurangi tugas manual yang berulang dan membebaskan sebagian waktu mereka sehingga meningkatkan kenyamanan dan efisiensi kerja. Tak hanya itu, alih-alih mempekerjakan lebih banyak teknisi untuk menangani lebih banyak situs dan basis klien yang lebih besar, System Integrator kini dapat memanfaatkan kekuatan cloud untuk memenuhi kebutuhan klien mereka dengan menggunakan lebih sedikit sumber daya. Lalu, apa pengaruhnya terhadap klien? Tentu saja efektivitas biaya. Integrator Sistem dapat menawarkan harga yang lebih rendah kepada klien mereka dengan mengurangi biaya tambahan untuk personel secara signifikan. Sekarang, mereka tidak perlu lagi membebankan biaya personel tambahan kepada klien setiap kali melakukan upgrade dan meng-install layanan terbaru.

Opsi Pemecahan Masalah yang Lebih Cepat dan Lebih Cerdas
Selain mengotomatisasi tugas pemeliharaan, cloud juga membantu System Integrator dengan menyediakan data dan kemampuan yang diperlukan untuk menjaga situs tetap berjalan dengan lancar. Dengan menggunakan sistem berbasis cloud untuk mengelola situs, System Integrators akan lebih cepat menerima pemberitahuan secara real-time setiap kali terjadi masalah, bahkan sebelum klien menyadari adanya gangguan dalam layanan. Cloud juga memungkinkan System Integrator mengidentifikasi masalah dan menentukan solusi yang digunakan, apakah bisa diselesaikan dari jarak jauh atau memerlukan teknisi. Dengan kemampuan mengidentifikasi kebutuhan layanan dan melakukan penyesuaian tertentu dari jarak jauh melalui cloud, System Integrator dapat merampingkan proses layanan pelanggan dan meminimalkan waktu respons untuk memberikan layanan yang lebih baik dan lebih efisien.

Bisnis dan Pendapatan Berulang yang Lebih Stabil
Managed services biasanya ditawarkan secara berlangganan — yang berarti pendapatan yang berulang setiap bulan. Dengan kata lain, model bisnis ini menghasilkan aliran pendapatan yang lebih stabil dan dapat diprediksi. Hal ini tentu penting bagi bisnis yang ingin berkembang lebih cepat. Cloud managed services juga memberikan kesempatan untuk membeli layanan dan teknologi secara bersamaan sehingga membantu menghasilkan margin laba kotor yang lebih tinggi. Oleh karena itu, managed services berbasis langganan sangat menarik bagi usaha kecil dan menengah. Dengan meningkatnya jumlah UMKM, akan ada lebih banyak klien untuk para System Integrator.

Kesimpulannya, cloud bisa menjadi alat yang ampuh bagi System Integrator. Agar bisa bertahan dan berhasil di era cloud, System Integrators perlu mengambil langkah besar dan mulai beradaptasi, seperti beralih peran menjadi konsultan nilai bisnis, berkembang menjadi penasihat klien, dan memanfaatkan kekuatan cloud untuk melayani kebutuhan klien saat ini.