Manfaat Lalu Lintas Lokal dan Cara Bergabung dengan Internet Exchange

neuCentrIX - 02/11/2021 10:33

Apakah bisnis Anda bergantung pada konektivitas yang kuat? Apakah internet yang lambat dan mahal menjadi masalah utama yang menghambat operasional bisnis Anda saat ini? Jika Anda menjawab ya, bergabung dengan Internet Exchange (IX) adalah solusi yang tepat. IX memiliki kemampuan untuk memfasilitasi interkoneksi langsung dan menjaga lalu lintas tetap lokal sehingga dapat memberikan sejumlah keuntungan bagi bisnis Anda. Untuk membantu Anda melakukan pertimbangan, mari kita lihat lebih dekat bagaimana IX dapat menguntungkan bisnis Anda dan bagaimana cara bergabung dengan IX.

 

Bagaimana lalu lintas lokal dapat memberikan Anda keuntungan?

 

Tanpa IX, melewati satu jaringan ke jaringan lain akan membutuhkan penyedia transit. ISP, sebagai entitas yang menyediakan akses ke internet, adalah penyedia transit yang dimaksud. Koneksi seperti itu, terutama dalam tautan internasional, tidak hanya mahal tetapi juga rentan terhadap latensi dan kemacetan yang tinggi. Hal tersebut akan menciptakan kelambatan yang dapat memengaruhi performa website Anda.

 

Dalam lingkungan IX, jaringan dapat melakukan peering dengan beberapa jaringan lain melalui koneksi tunggal dan bertukar lalu lintas tanpa perlu melibatkan penyedia transit. Dengan cara ini, IX dapat mempertahankan lalu lintas lokal dan mempersingkat jarak yang harus ditempuh data dari sumber ke tujuannya. Selain membantu mengurangi latensi, hal tersebut dapat meningkatkan efisiensi waktu perjalanan data. Oleh karena itu, dengan menjadi anggota IX, Anda dapat meningkatkan waktu respons website Anda secara signifikan dan memungkinkan konten, layanan, dan aplikasi yang menuntut koneksi latensi rendah menjadi lebih baik.

 

Dengan lalu lintas lokal, biaya konektivitas menjadi lebih rendah. Tak hanya itu, karena biaya pemeliharaan infrastruktur fisik dan layanan terkait ditanggung bersama oleh para anggota IX, Anda juga dapat mengurangi biaya operasional. Dengan demikian, Anda akan memiliki lebih banyak anggaran untuk dialokasikan ke hal penting lain yang memungkinkan Anda memperoleh lebih banyak pendapatan.

 

Bagaimana cara untuk bergabung dengan IX?

 

Apakah Anda belum merasa yakin? Jika jawabannya adalah ya, yang perlu Anda lakukan hanyalah terhubung dengan IX pilihan Anda. Secara umum, untuk mengakses IX, sebuah perusahaan harus menjadi anggota, memasang hardware, dan membuat sambungan ke situs. Jika Anda memilih IX yang disediakan di colocation data center, seperti neuCentrIX Internet Exchange (AS 137019), Anda bisa mulai dengan menempatkan colocation di data center yang sama dengan infrastruktur IX dan meminta untuk menjadi anggota. 

 

Sebagai catatan, menjadi anggota IX tidak membuat Anda secara otomatis memiliki perjanjian peering dengan anggota lain di lingkungan IX. Oleh karena itu, setelah Anda menjadi anggota, yang harus Anda lakukan adalah mengatur perjanjian peering dengan anggota IX lainnya. Untuk melakukan peering dengan anggota lain, terdapat beberapa persyaratan teknis yang perlu diperhatikan, yaitu ASN yang dirutekan secara publik, setidaknya satu blok alamat IP public, dan router tepi jaringan yang mampu menjalankan BGP. Memenuhi persyaratan ini sangat penting untuk menciptakan peering yang sukses dan bermanfaat.

 

Sebelum memutuskan untuk bergabung dengan IX, sebaiknya Anda pun melakukan riset untuk memilih penyedia yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pada dasarnya, penyedia yang andal harus dapat menerapkan praktik terbaik IX untuk menjamin performa tingkat tinggi dan memastikan layanan yang efisien bagi setiap anggotanya.